Jenis-jenis Pesawat siluman di dunia internasional

  1. B-2 spirit flight bomber
    image

Northrop Grumman B-2 Spirit adalah pesawat perang berteknologi stealth yang digunakan untuk pengemboman (Stealth Bomber). Pesawat yang dibuat dari bahan thermoplastic itu, dipakai oleh Angkatan Perang Udara AS. “Northrop Grumman adalah kontraktor utama untuk pembom Angkatan Udara AS siluman B-2 Spirit.”
Pesawat ini pertama kali diperkenalkan kepada publik, 1988 dan terbang perdana, 17 Juli 1989, dengan status masih aktif. Pesawat ini tidak mampu terbang cepat dan mudah dimusnahkan jika terlihat. Oleh karena itu, Northrop Grumman telah mengembangkan lapisan penyerap radar baru untuk melestarikan karakteristik dari stealth B-2 secara drastis, guna mengurangi waktu perawatan. Bahan baru, yang dikenal sebagai bahan alternatif frekuensi tinggi (AHFM), disemprotkan oleh empat robot yang dikendalikan secara independen.
Misi dari pesawat ini adalah menghancurkan basis atau pangkalan militer musuh, tanpa terlihat radar. Kelebihan B-2 adalah mampu menembus perisai pertahanan udara (radar) yang canggih. Pesawat ini mampu menyerang semua target dari ketinggian hingga 50.000 kaki, (16,656 kilometer) dari ketinggian laut, dengan jangkauan lebih dari 6.000 nm, tanpa mengisi bahan bakar (unrefueled) dan lebih dari 10.000 nm dengan satu kali pengisian bahan bakar, memberikan kemampuan untuk terbang ke titik manapun di dunia dalam beberapa jam.

  1. F-22 Raptor
    image

Inilah keunggulan utamanya :
*. Stealth
Pesawat tempur tercanggih ini tidak akan terlihat radar musuh. Kalau pesawat anda tidak bisa dilihat, maka anda akan nyaris mustahil ditembak, dijatuhkan, dan dikalahkan. Teknologi masa depan ini terutama dihasilkan berdasarkan rekayasa struktur bentuk pesawat dan material yang menyerap gelombang radar, RAM, Radar Absorbent Material.
*. Mini AWACS, “First-look, first-shot, first-kill”.
Pesawat F-22 mempunyai radar dengan jangkauan lebih jauh dari pesawat-pesawat lain, bahkan nyaris setara AWACS. Artinya F-22 dapat melihat anda jauh sebelum anda bisa melihat pesawat itu. F-22 juga memiliki sistem Radar LPI super canggih (Low Probability of Intercept Radar), artinya pesawat yang telah terdeteksi radar F-22 tidak akan bisa tahu kalau dia sudah terdeteksi dan radar warning-nya tidak akan menyala.
*. Manuverabilitas Super.
F-22 memiliki teknologi Thrust Vectoring di ekornya, artinya pengeluaran energi mesinnya dapat diarahkan secara mekanis dengan lebih fleksibel. Ini membuat kemampuan manuvernya lebih tinggi.
*Persenjataan Internal.
Persenjataan F-22 tersembunyi di dalam pesawat, dan baru terbuka saat akan ditembakkan. Ini membuat tingkat Stealth-nya menjadi lebih tinggi, dan aerodinamikanya membuat pesawat ini bisa terbang lebih cepat dan lebih efisien.

3.F-35 Lightening II
image

Ini merupakan proyek bersama AS dengan Ingris, Italia, Belanda, Kanada, Turki, Australia, Norwegia dan Denmark. Anggarannya sebesar 40 miliar dollar dan akan digunakan oleh angkatan udara AS dan lainnya. Penerbangan pertama telah dilakukan pada 15 Desember 2006 lalu dan akan selesai dan resmi diperkenalkan pada tahun 2016. Tingkat keberhasilan adalah 95%. Pesawat ini berkursi tunggal, mesin tunggal dan multieran fighter.
Pilot F-35 lebih mudah mendeteksi keberadaan musuh, sembari mencari dan melacak, pesawat ini memiliki kemampuan mengacak radar lawan. Fitur stealth atau siluman pada F-35 membuat pesawat ini nyaris tak terdeksi oleh radar. Avionik canggih memberikan pilot akses seketika (real-time) ke informasi ruang pertempuran dengan cakupan 360 derajat. Data dikumpulkan oleh sensor pada F-35 untuk kemudian segera dibagikan kepada komandan di laut, di udara, atau di darat.
Helmet Mounted Display System F-35 memberikan informasi penting kepada pilot dalam peperangan, termasuk posisi, arah, kecepatan angin, ketinggian, serta informasi dan peringatan penargetan. Informasi disajikan lebih baik dibanding helm tradisional sehingga mengurangi beban kerja dan meningkatkan respon pilot.
Selain itu, fitur Distributed Aperture System (DAS) menampilkan tangkapan enam kamera inframerah. Kamera-kamera tersebut dipasang di sekitar pesawat dan terhubung dengan helm. Hal ini memungkinkan pilot untuk “melihat” melalui badan pesawat. Helm juga menyediakan fitur night vision sehingga memudahkan pilot melihat di malam hari atau dalam kondisi gelap.
Varian F-35
F-35 memiliki 3 varian, masing-masing memiliki kesamaan karakteristik kinerja, hanya dibedakan oleh kebutuhan mendasar.
F-35A lepas landas dan mendarat secara konvensional (conventional takeoff and landing / CTOL). Varian ini dirancang untuk beroperasi dari landasan pacu konvensional, dan merupakan satu-satunya versi untuk membawa meriam internal.
Model F-35B memiliki kemampuan lepas landas jarak pendek dan mendarat vertikal (short takeoff/vertical landing / STOVL), memungkinkan untuk beroperasi dari kapal-kapal kecil atau pangkalan di dekat zona tempur garis depan.
F-35C carrier variant memiliki struktur dan roda pendaratan lebih kuat dan sayap lebih besar, dirancang untuk catapult launches.

  1. J-20 Black Eagle
    image

Pesawat tempur siluman ini bermesin ganda dan berkursi tunggal. Penerbangan pertama sudah dilakukan dan akan diperkenalkan pada tahun 2015 keatas. Pesawat ini akan digunakan oleh angkatan udara Cina, Tingkat keberhasilannya 99%.
Spesifikasi Jet Tempur Chengdu J-20 Black Eagle :
Jumlah Awak : 1 (pilot)
Panjang : 21,26 m
Lebar Sayap : 12,88 m
Tinggi : 4,45 m
Luas Sayap : 59 m2
Berat Kosong : 17.000 kg
Berat Maksimum Lepas Landas ; 36.287 kg
Mesin Pendorong : 2 unit WS-10G (prototype); WS-15
Kecepatan Maksimal : Mach 2,5
Jarak Jangkau : 5.500 km
Radius tempur : 2.000 km
Service ceiling: 20.000 m
Persenjataan :
Pada prototip pesawat belum dilengkapi dengan persenjataan. Diperkirakan J-20 akan dipersenjatai dengan PL-21 LRAAM, PL-12D MRAAM, PL-10 SRAAM, LS-6 Precision Glide Bomb, cannon kaliber 30mm, 4 peluncur roket, 2 peluncur IR decoy, rudal udara-ke-udara dan bom pintar.

  1. SU-47 berkut(golden eagle)
    image

Sukhoi Su – 47 Berkut (Golden Eagle ) merupakan pesawat dengan sayap menyapu ke depan.
Pesawat ini disebut-sebut sebagai puncak pesawat tempur dengan sayap maju. Dengan kecepatan tertinggi mendekati Mach 2 dan memiliki tingkat manuver yang dahysat, menjadikan pesawat lain terlihat lamban jika diperbandingkan dengannya. Berkut akan menjadi master tak terbantahkan dalam pertempuran udara satu -satu.
jet tempur baru seperti garis Sukhoi yang termasuk desain revolusioner yang disebut S – 37. Pesawat memanfaatkan desain tiga permukaan: canards kecil, sayap utama menyapu ke depan dan memotong ke bawah elevator diatur simetris di setiap sisi meningkatkan aliran udara hingga memberikan pesawat tingkat manuver tiada bandingnya.
Kecepatannya juga mengesankan dunia. Dua mesin twin turbofan masing-masing memberikan daya dorong supersonik.
Su- 47 memiliki kelincahan yang sangat tinggi pada kecepatan subsonik memungkinkan pesawat untuk mengubah sudut atas menyerang dan jalur penerbangan yang sangat cepat , dan juga mempertahankan manuver di supersonik pesawat flight. Pada kecepatan subsonik, radius berputar hanya 1.000 kaki. Dan untuk pertempuran jarak pendek, jarak sependek ini bisa menjadi malapetaka bagi musuh. Dalam hitungan detik, posisi Berkut sudah siap untuk melesakkan senjatanya.
Pada tahun 2002 Sukhoi melakukan pengembangan rancang bangun teknologi pesawat siluman dari pesawat siluman sebelumnya SU-37. Pengembangan teknologi rancang bangun pesawat siluman yg baru diberi kode SU-47.
Pada tahun 2005 Sukhoi memulai tahap proses produksi prototype pesawat siluman SU-47.
Pada tahun 2007 Sukhoi sukses uji coba penerbangan perdana pesawat siluman SU-47.
Su-47 juga menggunakan sejumlah sistem yang dibenamkan di Su – 27 Flanker seperti desain kanopi, gigi pendaratan, beberapa avionik dan ekor – dekat vertikal.
Su- 47 memiliki kelincahan yang sangat tinggi pada kecepatan subsonik memungkinkan pesawat untuk mengubah sudut atas menyerang dan jalur penerbangan yang sangat cepat , dan juga mempertahankan manuver di supersonik pesawat flight.The Su – 47 memiliki tingkat yang sangat tinggi dari manuver dengan stabilitas terjaga dan pengendalian di semua sudut serangan .
Badan pesawat ini dibangun terutama dari aluminium dan paduan titanium dan 13 % berat dari bahan komposit. Sedang panel sayapnya dibangun hampir 90 % komposit .
Pesawat tempur Su-47 fitur 14 cantelan (2 sayap, 6-8 underwing, 6-4 konformal underfuselage). Para cantelan dilengkapi dengan R-77, R-77PD, R-73, K-74 rudal udara ke udara.
Hal ini juga dilengkapi dengan rudal udara ke permukaan X-29T, X-29L, X-59m, X-31P, X-31A, KAB-500, KAB-1500.

06.Sukhoi T-50 PAK FA
image

Tentang Sukhoi PAK FA
Jet perang milik Amerika Serikat, F-22 Raptor, sudah punya pesaing. Saat ini Rusia sudah membangun jet tempur terbaru.

Menurut Wikipedia, Sukhoi PAK FA [Perspektivnyi Aviatsionnyi Kompleks Frontovoi Aviatsy] adalah jet tempur generasi kelima, diciptakan untuk bersaing dengan F-22 dan F-35 Lightning II milik Amerika. Selama ini pesawat perang paling mematikan di dunia adalah F-22 Raptor atau biasa disebut F-22.
Pada tahun 2007 Sukhoi melakukan pengembangan pesawat siluman baru dari SU-47 menjadi pesawat siluman baru yg diberi kode T-50i PAK FA
negara Rusia telah menyelesaikan contoh pesawat siluman Sukhoi PAK FA dan mulai memproduksi massal pada tahun 2010. Dan pada tahun 2010 pula Sukhoi sukses melakukan uji coba terbang perdana T-50i PAK FA.
PAK FA mampu membawa senjata secara internal atau eksternal yang tentu saja akan berpengaruh pada sifat kesilumanan pesawat. Beberapa senjata itu adalah Izdelie 810 yang merupakan turunan dari R-37M. Senjata ini dirancang untuk membunuh target nilai tinggi dan AWACS dari jarak 400 km.

Selain itu juga ada rudal udara ke udara K-77M yang dilengkapi dengan pelacak AESA. Senjata lain yakni rudal jelajah anti-kapal KH-35UE; rudal stand-off anti-radiasi KH-58UShKE; rudal jelajah supersonik Brahmos-NG yang diproduksi dengan India; dan bom KAB. Semua rudal ini masuk dalam jajaran paling mematikan di dunia.

Sumber : alutsista TNI, satu untuk semua, planet kazmat, berita maiwanews, jejak tapak, wikipedia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s